Jumat, 02 Oktober 2020

TABEL PERBEDAAN PENELITIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF

 

 

                         TABEL PERBEDAAN PENELITIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF

             Tugas ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Metodologi Penelitian AUD

     Dosen Pengampu: Uswatun Hasanah, M.Pd.I



 

Di susun oleh :

  Nurma Nursafitri     (1801030015)

 

 

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI

FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI METRO

TAHUN 2020/ 2021

 

 

PERBEDAAN PENELITIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF

 

        

 

 

       Desain Penelitian

             Kualitatif

            Kuantitatif

Kualitatif memiliki sifat   umum, fleksibel dan dinamis. Penelitian kualitatif ini berlangsung selama dalam proses penelitian.

Kuantitatif adalah sifatnya spesifik, jelas, terperinci, dan statis. Alur penelitain kuantitatif ini telah direncanakan sebelumnya secara mantap dan tidak dapat berubah serta menjadi peganganan langkah demi langkah.


      Analisis Data

Kualitatif bisa diananlisis selama proses penelitian itu berlangsung.

Kuantitatif bisa dianalisis tahap akhir sebelum adanya laporan.

 

 Istilah Subjek Penelitian

Kualitatif mempunyai subjek penelitian yang sering disebut sebagai narasumber.

Kuantitatif mempunyai subjek penelitian yang sering disebut sebagai responden.

 

 

 

 

 

 

 Cara Memandang Fakta

Pada penelitaian kualitatif ini memandang suatu fakta atau kebenaran tergantug dengan cara peneliti menginterprestasikan data yang telah diteliti sebelumnya. Hal ini dikerenakan terdapat hal yang kompleks dan tidak dapat dijelaskan oleh angka. Penelitan kualitatif ini berkaitan dengan sebuah data yang nantinya akan dijelaskan oleh teori-teori yang relavan, guna untuk menghasilakn teori dan menguatkan teori yang sudah ada.

Pada penelitian kuantitatif ini adalah suatu fakta atau kebenaran yang berada dalam suatu objek penelitian yang berada diluar. Dan para peneliti harus netral serta tidak memihak satu sisi saja. Apapun yang akan ditemukan dilapangan atau ditempat penelitian itulah yang akan menjadi sebuah fakta atau kebenarannya. Peneliti kuantitatif ini beranjak dari sebuah teori menuju sebuah data.

 

 

 

 

 

      Pengumpulan Data

Dalam penelitian kualitatif ini peneliti harus mengorek atau mencari tau data sedalam-dalamnya dengan apa hal yang terjadi. Sehingga, kualitas penelitian kualitatif tidak perlu ditentukan oleh banyaknya seorang narasumber yang terlibat, namun seberapa dalam peneliti menggali atau mendapatkan informasi informasi spesifik mungkin dari narasumber yang sudah dipilihnya.

Dalam penelitian kuantitaif ini pengumpulan data dapat diperoleh melalui serangkaian istrumen penelitian yang berupa tes ataupun kuesioner. Kemudian data yang terkumpul selanjutnya akan dikoversikan dengan menggunakan kategori atau kriteria yang sudah ditetepkan sebelumnya. Kualitas penelitian kuantitatif ini akan ditentukan oleh banyaknya responden penelitian yang terlibat didalamnya.

 

 

 

 

 

          Representsi Data

Penelitian kualitatif adalah hasil dari penelitian yang berupa interpretasi peneliti didalam suatu fenomena, sehingga laporan hasil penelitianya akan lebih banyak mengandung sebuah deskripsi.

Penelitian kuantitatif adalah hasil dari penelitian yang dipresentasikan kedalam bentuk hasil perhitungan matematis/perhitungan. Dan hasil penghitungannya akan dijadikan fakta yang telah terkonfirmasi. Dan dalam penelitian ini hasinya ditemukan menggunakan validitas dan juga realiabilitas instrumen yang dipakai.

 

 

 

    Impikasi Hasil Riset

Hasil penelitian kualitatif ini memiliki implikasi yang sangat terbatas pada situasi-situasi tertentu. Sehingga hasil penelitiannya tidak dapat digeneralisasi ke dalam setting yang berbeda.

Hasil penelitian kuantitatif merupakan sebuah fakta atau teori yang berlaku secara umum. Dan kapanpun serta dimanapun saja fakta itu dapat berlaku.

 

 

     Macam-macam Metode

Kualitatif : Fenomenologi, studi kasus, historis, dan grounded theory.

Kuantitatif : Eksperimen, servey, korelasi, regresi, analisis jujur, dan expost facto.


          

        Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian kualitatif :  untuk memperoleh pemahaman yang mendalam, mengembangkan teori, medeskripsikan suatu realitas dan kompleksitas sosial.

Tujuna penelitian kuantitatif : menjelaskan hubungan antar variabel, menguji teori, dan melakukan generalisasi fenomena sosial yang telah diteliti.

 

Jenis Data

Kualitatif jenis datanya adalah deskriptif dan eksploratif.

Kuantitatif jenis datanya adalah numerik dan statistik.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TABEL PERBEDAAN PENELITIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF

                              TABEL PERBEDAAN PENELITIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF              Tugas ini disusun u ntuk m emenuh i tu...