Kamis, 06 Desember 2018

Pengertian Lingkungan Hidup dan Contoh Kerusakan Lingkungan


Lingkungan Hidup – Pengertian lingkungan hidup atau lingkungan alam adalah bentuk satu kesatuan antara makhluk hidup dan benda tidak hidup, serta pola interaksi yang terjadi diantara keduanya. Hal ini juga sedang menjadi salah satu fokus pembicaraan oleh berbagai pihak. Pasalnya saat ini telah terjadi berbagai kerusakan yang juga memberikan dampak negatif bagi kelangsungan makhluk hidupnya.
Oleh sebab itu, banyak pihak yang menggaungkan upaya pelestarian bagi lingkungan hidup untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. Lalu seperti apa sebenarnya kerusakan dan upaya pelestarian yang dapat dilakukan?
Contoh Kerusakan Lingkungan Hidup dan Upaya Pelestariannya
Secara terminologi, lingkungan adalah kombinasi antara unsur biotik dengan abiotik yang terdapat pada tempat yang sama. Selain itu, ada pula yang mencoba mendefinisikan sebagai keadaan yang turut serta dalam mempengaruhi perkembangan manusia. Akan tetapi, pada dasarnya kedua pengertian tersebut memiliki benang merah yang sama dan mengarah kepada definisi lingkungan hidup sebagaimana diungkapkan di atas.
Jika diamati secara jeli, maka sekarang Kita tengah menghadapi beragam permasalahan lingkungan. Ada beberapa kasus yang lumrah dijumpai pada lingkungan alam Kita saat ini, diantaranya sebagai berikut.
1. Pemanasan Global
Pemanasan global merupakan salah satu bentuk fenomena alam yang sedang melanda bumi. Fenomena ini terjadi karena meningkatnya aktivitas manusia yang menghasilkan gas-gas buangan ke. Gas- gas tersebut berakumulasi dan menyebabkan terjadinya kerusakan pada lapisan atmosfer bumi. Sehingga terjadi peningkatan suhu bumi yang bersumber dari panas sinar matahari. Contoh nyata dari fenomena ini adalah mencairnya lapisan es pada kawasan Kutub Utara.
2. Banjir
Beberapa gambar lingkungan alam telah menunjukkan terjadi perusakan hutan secara luas oleh manusia. Perubahan fungsi hutan menjadi lahan perkebunan, telah berimbas pada hilang kawasan penyerap air. Sehingga ketika hujan deras datang, maka tidak ada lagi tempat untuk menampung luapan air hujan tersebut di alam. Pada akhirnya air meluap hingga ke pemukiman penduduk dan menyebabkan banjir.
3. Kebakaran Hutan
Gambar lingkungan hidup lainnya juga mengindikasikan adanya kerusakan hutan yang terjadi akibat pembakaran. Aktivitas pembakaran ini tidak hanya dilakukan pada satu titik, namun di beberapa titik sekaligus. Bahkan pada tahun lalu, kebakaran hutan telah mengakibatkan munculnya kabut asap tebal yang melanda beberapa daerah di Indonesia.
4. Penumpukan Sampah
Sampah telah menjadi permasalahan akut bagi negara ini. Tiap harinya masyarakat Indonesia memproduksi sampah dengan jumlah yang tidak sedikit dan dibuang begitu saja tanpa ada upaya daur ulang. Sehingga hal ini membuat keadaan lingkungan semakin memburuk tiap harinya. Sebab sampah-sampah tersebut tidak dapat terurai secara maksimal oleh alam.
Setelah mengetahui beberapa contoh kerusakan yang terjadi saat ini, maka perlu menggalakkan upaya pelestarian lingkungan. Sebenarnya banyak upaya yang dapat dilakukan untuk pelestarian tersebut. Seperti penanaman pohon secara masal, pengolahan sampah melalui 3 R, dan sosialisasi kebijakan pemanfaatan hutan.
Di samping upaya-upaya yang telah disebutkan tadi, masih banyak upaya pelestarian yang dapat dilakukan. Hal itu dapat Anda pelajari melalui artikel lingkungan hidup yang banyak beredar. Tentunya hal ini akan terasa sia-sia jika tidak didukung oleh segala pihak, baik aparatur negara maupun masyarakat umum. Oleh sebab itu, perlu kiranya setiap elemen bersatu-padu dalam upaya pelestarian tersebut, agar kerusakan yang terjadi dapat teratasi dan dicegah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TABEL PERBEDAAN PENELITIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF

                              TABEL PERBEDAAN PENELITIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF              Tugas ini disusun u ntuk m emenuh i tu...