Kamis, 06 Desember 2018

FILSAFAT UMUM


Pengertian filsafat dalam sejarah perkembangan pemikiran kefilsafatan, antara satu ahli filsafat dengan ahli filsafat lainnya selalu berbeda, dan hampir sama banyaknya dengan ahli filsafat itu sendiri. Secara etimologi yang dalam bahasa arab dikenal dengan istilah falsafah dan dalam bahasa inggris dikenal dengan istilah philosophyadalah berasal dari bahasa Yunani, philosophia, yang terdiri atas dua kata: philos (cinta) atau philia (persahabatan, tertarik kepada) dan shopia  (hikmah, kebijaksanaan, pengetahuan, keterampilan, pengalaman praktis, inteligensi). Jadi secara etimologi, filsafat berarti cinta kebijaksanaan atau kebenaran. Kata filsafat pertama kali digunakan oleh Pythagoras (582-496 SM).
Pada mulanya kata filsafat berarti segala ilmu pengetahuan yang dimiliki manusia. Mereka membagi filsafat kepada dua bagian yakni, filsafat teoretis dan filsafat praktis. Filsafat teoretis mencakup: (1) ilmu pengetahuan alam, seperti: fisika, biologi, ilmu pertambangan, dan astronomi; (2) ilmu eksakta dan matematika; (3) ilmu tentang ketuhanan dan metafisika. Filsafat praktis mencakup: (1) norma-norma (akhlak); (2) urusan rumah tangga; (3) sosial dan politik. Secara umum filsafat berarti upaya manusia untuk memahami segala sesuatu secara sistematis, radikal, dan kritis. Berarti filsafat merupakan sebuah proses bukan sebuah produk. Surajiyo (2005) membagi cabang filsafat secara garis besar kedalam dua kelompok, yakni filsafat sistematis dan sejarah filsafat. Filsafat sistematis bertujuan dalam pembentukan dan pemberian landasan pemikiran filsafat. Didalmnya meliputi logika, metodologi, efistimologi, filsafat ilmu, etika, estetika, metafisika, filsafat ketuhanan, filsafat manusia, dan kelompok filsafat khusus seperti filsafat sejarah, filsafat hukum, filsafat komunikasi dan lain-lain.
Defenisi kata filsafat bisa dikatakan merupakan sebuah masalah falsafi pula. Menurut para ahli logika ketika seseorang menanyakan pengertian (defenisi/hakikat) sesuatu, sesungguhnya ia sedang bertanya tentang macam-macam perkara. Tetapi paling tidak bisa dikatakan bahwa “falsafah” itu kira-kira merupakan studi yang didalami tidak dengan melakukan eksperimen-eksperimen dan percobaan-percobaan, tetapi dengan mengutarakan masalah secara persis, mencari solusi untuk ini, memberikan argumentasi dan alasan yang tepat untuk solusi tertentu dan akhirnya dari proses-proses sebelumnya ini dimasukkan ke dalam sebuah dialektika. Dialektika ini secara singkat bisa dikatakan merupakan sebuah bentuk dari pada dialog. Adapun beberapa pengertian pokok tentang filsafat menurut kalangan filosof adalah:
1.     Upaya spekulatif untuk menyajikan suatu pandangan sistematik serta lengkap tentang seluruh realitas.
2.     Upaya untuk melukiskan hakikat realitas akhir dan dasar secara nyata.
3.     Upaya untuk menentukan batas-batas dan jangkauan pengetahuan sumber daya, hakikat, keabsahan, dan nilainya.
4.     Penyelidikan kritis atas pengandaian-pengandaian dan pernyataan-pernyataan yang diajukan oleh berbagai bidang pengetahuan.
5.     Disiplin ilmu yang berupaya untuk membantu Anda melihat apa yang Anda katakan dan untuk menyatakan apa yang Anda lihat.

A.    Pengertian Filsafat
Secara etimologi, istilah filsafat berasal dari bahasa Yunani yaitu Philosophia yang terbentuk dari dua akar kata philo dan Sophia.Philo berarti cinta atau keinginan dan karenanya berusaha untuk mencapai yang diinginkan itu.
Sedangkan sophia berarti kebijakan (hikmah) atau kepandaian.Jadi filsafat adalah keinginan yang mendalam untuk mencapai kepandaian, cinta pada kebijakan.
Secara terminology filsafat sangat beragam, baik dalam ungkapan maupun titik tekannya. Poedjawijanta mendefinisikan filsafat sebagai jenis pengetahuan yang berusaha mencari sebab yang sedalam-dalamnya bagi segala sesuatu berdasarkan pikiran-pikiran belaka.
Plato mendefinisikan filsafat adalah ilmu pengetahuan yang berminat mencapai kebenaran asli (hakiki) dan murni., dan kata Aristoteles filsafat adalah ilmu peengetahuan yang senantiasa berupaya mencari prinsip-prinsip dan penyebab-penyeban dari realita yang ada.
Secara umum filsafat berarti upaya manusia untuk memahami sesuatu secara sistimatis, radikal dan kritis. Filsafat disini bukanlah suatu produk, melainkan proses, proses yang nantinya akan menentukan sesuatu itu dapat diterima atau tidak. Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa filsafat adalah suatu studi atau cara berfikir yang dilakukan secara reflektif atau mendalam untuk menyelidiki fenomena-fenomena yang terjadi dalam kehidupan dengan menggunakan alasan yang diperoleh dari pemikiran kritis yang penuh dengan kehati-hatian. Filsafat didalami tidak dengan melakukan eksperimen-eksperimen, tetapi dengan menggunakan pemikiran yang mendalam untuk menggungkapkan masalah secara persis, mencari solusi dengan memberi argumen dan alasan yang tepat.
Pemahaman yang mendorong timbulnya filsafat  pada seseorang karena adanya sikap heran atau takjub yang melahirkan suatu pertanyaan. Pertanyaan itu memerlukan jawaban dan untuk mencari jawaban tersebut perlu adanya pemikiran-pemikiran yang mendalam untuk menemukan kebenarannya. Sehingga melahirkan keseriusan untuk melakukan penyelidikan secara sistimatis. Jadi dengan berfilsafat maka keinginan untuk mengetahui fenomena-fenomena dapat dimengerti dengan lebih mudah.
B.  Munculnya Filsafat
Filsafat, terutama filsafat Barat muncul di Yunani semenjak kira-kira abad ke-7 SM. Filsafat muncul ketika orang-orang mulai berpikir dan berdiskusi akan keadaan alam, dunia, dan lingkungan di sekitar mereka dan tidak menggantungkan diri kepada agama lagi untuk mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini.
Banyak yang bertanya-tanya mengapa filsafat muncul di Yunani dan tidak di daerah yang beradab lain kala itu seperti Babilonia, Yudea (Israel) atau Mesir. Jawabannya sederhana: di Yunani, tidak seperti di daerah lain-lainnya tidak ada kasta pendeta sehingga secara intelektual orang lebih bebas. Orang Yunani pertama yang bisa diberi gelar filosof ialah Thales dari Mileta, sekarang di pesisir barat Turki. Tetapi filosof-filosof Yunani yang terbesar tentu saja ialah: Socrates, Plato, dan Aristoteles. Sócrates adalah guru Plato sedangkan Aristoteles adalah murid Plato. Bahkan ada yang berpendapat bahwa sejarah filsafat tidak lain hanyalah “komentar-komentar karya Plato belaka”. Hal ini menunjukkan pengaruh Plato yang sangat besar pada sejarah filsafat.
C.    Karakteristik Dasar Filsafat
Setidaknya ada tiga karakteristik berpikir filsafat atau ciri dari filsafat, yakni:
1.     Berfikir Radikal atau menyeluruh, Berfilsafat berarti berfikir secara radikal atau luas yang meliputi beberapa sudut pandang. Para filosuf adalah para pemikir radikal, sehingga mereka tidak akan pernah terpaku hanya kepada fenomena suatu identitas atau realitas tertentu saja. Keradikalan berfikir mereka akan senantiasa mengobarkan hasratnya untuk menemukan akar seluruh kenyataan. Radik atau akar sebuah realitas memang selalu dianggap penting oleh mereka karena menemukan akar atau radik tersebut membuat mereka paham akan sebuah realitas tersebut. Berpikir radikal akan memperjelas realitas lewat penemuan dan pemahaman akan realitas itu sendiri. Kegiatan berfikir untuk menemukan hakikat atau akar seluruh sesuatu itu dilakukan secara mendalam (radikal).
2.     Mencari asas (dasar) artinya dalam memandang realitas, filsafat senantiasa mencari asas (dasar) yang paling hakiki dari keseluruhan realitas yang ada melalui pemikiran yang mendalam sampai pada hasil yang fundamental. Hasil pemikiran tersebut dijadikan dasar berpijak segenap nilai dan masalah-masalah keilmuan (sains).
3.     Memburu kebenaran (berspekulatif) artinya hasil pemikiran yang diperoleh dijadikan dasar bagi pemikiran-pemikiran selanjutnya dan hasil pemikirannya selalu dimaksudkan sebagai media garapan (objek) yang baru pula. Berfilsafat berarti memburu kebenaran yang hakiki tentang sesuatu. Kebenaran yang diburu merupakan kebenaran hakiki yang tidak meragukan dan dapat dipertanggung jawabkan, maka setiap kebenaran harus senantiasa terbuka agar dapat diteliti ulang oleh filsuf yang lain untuk mencari kebenaran yang lebih hakiki.
Sir Isacc Newton, seorang ilmuwan yang sangat terkenal,President of the Royal Society memiliki ketiga karakteristik ini. Ada banyak penyempurnaan penemuan-penemuan ilmuwan sebelumnya yang dilakukannya. Dalam pencariannya akan ilmu, Newton tidak hanya percaya pada kebenaran yang sudah ada (ilmu pada saat itu). Ia menggugat (meneliti ulang) hasil penelitian terdahulu seperti logika aristotelian tentang gerak dan kosmologi, atau logika cartesian tentang materi gerak, cahaya, dan struktur kosmos. “Saya tidak mendefenisikan ruang, tempat, waktu dan gerak sebagaimana yang diketahui banyak orang” ujar Newton. Bagi Newton tak ada keparipurnaan, yang ada hanya pencarian yang dinamis, selalu mungkin berubah dan tak pernah selesai. “ku tekuni sebuah subjek secara terus menerus dan ku tunggu sampai cahaya fajar pertama datang perlahan, sedikit demi sedikit sampai betul-betul terang”.
D.    Metode Kajian Filsafat
Metode berasal dari bahasa Yunani, methodeuo yang diambil dari kata methodos, artinya mengikuti jejak, mengusut, menyelidiki dan meneliti, akar katanya adalah meta(dengan) dan hodos (jalan). Dalam hubungan dengan kegiatan yang bersifat ilmiah, metode berarti cara kerja teratur dan sistematis yang digunakan untuk memahami suatu obyek yang dipermasalahkan, yang merupakan sasaran dari bidang ilmu tertentu. Metode tidak sekedar menyusun dan menghubungkan bagian-bagian pemikiran yang terpisah-pisah, melainkan juga merupakan alat paling utama dalam proses dan perkembangan ilmu pengetahuan sejak dari awal penelitian hingga mencapai pemahaman baru dan kebenaran ilmiah yang dapat dipertanggung jawabkan.
Kegiatan kefilsafatan merupakan kegiatan berfikir yang dilakukan dengan melakukan perenungan-perenungan untuk menyusun suatu bagan secarra konseptual, artinya dalam mencari permasalahan harus dapat menimbulkan pertanyaan-pertanyaan yang memiliki hubungan antara stu dengan yang lain secara logis dan harus memberikan penjelasan tentang pandangan dunia. Kerangka berfikir filsafat terdiri dari analisis dan sintesis. Analisis dalam kegiatan filsafat digunakan utuk melakukan pemeriksaan secara konseptual terhadap makna dan istilah yang dipergunakan dalam pernyataan yang kita buat. Dengan analisis, kita dapat memperoleh makna yang baru dan mengujinya dengan berbagai contoh-contoh, seperti; apakah impian itu sesuatu yang nyata?. Sedangkan Sintesis merupakan upaya yang dilakukan untuk mencari kesatuan dalam keberagaman, yaitu mengumpulkan suatu pengetahuan atau keterangan sebanyak-banyaknya karena hasilnya akan lebih baik dan akurat. Dalam bidang filsafat terdapat beberapa metode. Metode sering diartikan sebagai jalan berfikir dalam bidang keilmuan. Metode dalam bidang filsafat adalah:
1.     Metode kritis, yaitu bersifat analisis istilah dan pendapat yang menjelaskan keyakinan dan memperlihatkan pertentangan dengan jalan bertanya atau dialog secara terus-menerus kemudian di temukan kesimpulan yang hakiki. Dengan metode ini, Socrates menemukan logika induksi dan definisi. Logika induksi merupakan pemikiran yang bertolak dari pengetahuan khusus (contoh konkrit) lalu memberikan kesimpulan yang umum.
2.     Metode intuitif, Dengan jalan instrospeksi dan dengan pemakaian simbol-simbol di usahakan pembersihan. Intelektual (bersama dengan persucian moral), sehingga tercapai suatu penerangan pikiran.
3.     Metode Analisis Abstraksi, yaitu dengan cara memisah-misahkan atau menganalisis didalam angan-angan(didalam pikiran) hingga sampai pada hakikat (ditemukannya jawaban).
E.    Cabang-cabang Filsafat
Filsafat sesungguhnya mencakup seluruh ilmu pengetahuan, kamudian berkembang menjadi semakin rasional dan sistematis. masalah-masalah pokok yang dihadapi filsafat tak pernah berkurang. Karena banyaknya masalah pokok yang harus dibahas dan dipecahkan, filsafat pun dibagi ke dalam bidang-bidang studi atau beberapa cabang.
Aristoteles membagi filsafat kedalam tiga bidang studi yaitu: 1) Filsafat spekulatif atau teoretis, yakni suatu cabang filsafat yang bersifat obyektif. Termasuk di dalamnya adalah fisika metafisika, biopsikologi dan sebagainya. Tujuan utama filsafat ini adalah pengetahuan demi pengetahuan itu sendiri. 2) Filsafat Praktis, yakni filsafat yang memberi petunjuk dan pedoman bagi tingkah laku manusia yang baik dan sebagaimana mestinya, termasuk di dalamnya adalah etika dan politik. Sasaran terpenting bagi filsafat praktis ini adalah membentuk sikap dan perilaku yang akan memampukan manusia untuk bertindak dalam terang pengetahuan itu. 3) Filsafat Produktif, yaitu pengetahuan atau filsafat yang membimbing dan menuntun manusia menjadi produktif lewat suatu keterampilan khusus, termasuk di dalamnya adalah kritik sastra, retorika dan estetika. Adapun sasaran utama yang hendak dicapai lewat filsafat ini adalah agar manusia sanggup menghasilkan sesuatu, baik secara teknis maupun secara puitis dalam terang pengetahuan yang benar.
Wil Durant dalam bukunya yang berjudul the story of philosophy mengemukakan lima bidang studi filsafat, yaitu: 1) Logika, yakni studi tentang metode berfikir dan metode penelitian ideal, yang terdiri dari observasi, introspeksi, deduksi dn induksi, hipotesis dan eksperimen serta analisis dan sintesis. 2) Estetika atau disebut juga filsafat seni (philosophy of art), yakni filsafat yang membahas tentang bentuk ideal dan keindahan. 3) Etika, yaitu filsafat tentang studi perilaku ideal. 4) Politika, yaitu studi tentang organisasi sosial yang ideal, yakni tentang monarki, aristokrasi, demokrasi sosialisme, anarkisme dan sebagainya. 5) Metafisika. Metafisika ini terdiri dari ontologi, filsafat psikologi dan epitemologi.
F.    Kegunaan Mempelajari Filsafat
Filsafat dianggap sebagai suatu sumber dari segala kebenaran yang mengharapkan kebenaran atas jawaban dari pertanyaan-pertanyaan hidup. Tetapi ada juga anggapan yang mengatakan bahwa itu merupakan omongan kosong belaka yang tidak ada artinya bagi kehidupan. Berbicara mengenai manfaat dan kegunaan filsafat tidak dapat dipisahkan dengan relevansi dalam kehidupan kita. Melalui pemikiran filsafat, dapat dirumuskan beberapa kegunaannya bagi kita, yaitu:
1.     Dengan belajar filsafat diharapkan akan dapat memperluas wawasan dan pengetahuan. karena dengan bertambahnya ilmu pengetahuan akan bertambah pula cakrawala pemikiran yang lebih luas. Filsafat dipelajari sebagai ilmu yang berawal dari permasalahan dan memiliki tugas untuk mempelajari, mendalami dan akhirnya mencoba untuk menanggapi masalah tersebut.
2.     Dasar semua tindakan adalah ide. Filsafat memuat ide-ide yang fundamental yang akan membawa manusia kearah suatu kemampuan untuk merentang kesadarannya dalam segala tindakannya sehingga dapat lebih hidup, lebih tangguh terhadap diri dan lingkungannya, serta hak dan kewajibannya. Dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kita semakin ditantang dengan memberikan alternatifnya.
3.     Filsafat mengarahkan kepada kebenaran. Untuk mencapai kebenaran diperlukan banyak refleksi tentang hidup. Melalui refleksi kita dilatih untuk berfikir cermat, kritis dan mendalam. Dengan berfilsafat maka kita dilatih untuk berfikir kritis dan melihat situasi konkrit  secara positif dan terbuka dalam menyelesaikan masalah secara dewasa.
4.     Filsafat dan pembentukan sikap. Melalui filsafat kita dapat melibatkan diri secara penuh dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Disini kita dapat mengambil dan memilih pandangan-pandangan filosofis tertentu tergantung pengalaman-pengalaman konkrit dalam hidup. Kita juga dapat melibatkan diri dalam berbagai kajian dan telaah filosofis melalui aktivitas intelektual.
G.    Rangkuman
Filsafat merupakan suatu keinginan yang mendalam untuk mendapatkan cinta dan kebijaksanaan. Dengan berfilsafat, manusia dapat berfikir dengan teliti dan teratur untuk memecahkan problem-problem  dan memandang masalah dari sudut pandang yang hakiki. Maka dari itu filsafat pada hakikatnya mengemukakan pandangannya yang bersifat akar dari ilmu yang lain.
Semakin berkembangnya ilmu, kita mempelajari bahwa bahwa baik asumsi, hukum alam, dan ilmu itu tidak bersifat mutlak atau absolut universal. Ilmu memang mengikuti hukum alam dengan pola tertentu namun kesemuanya itu bersifat probabilistik.
Dalam mengembangkan ilmu, kita harus bertolak dengan mempunyai asumsi/anggapan yang sama mengenai hukum-hukum alam dan objek yang akan ditelaah oleh ilmu baik itu dalam ilmu alam ataupun ilmu-ilmu sosial. Ilmu alam membahas asumsi mengenai zat, ruang dan waktu. Ilmu sosial mengedepankan membahas asumsi mengenai manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TABEL PERBEDAAN PENELITIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF

                              TABEL PERBEDAAN PENELITIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF              Tugas ini disusun u ntuk m emenuh i tu...